Pilihjurusan
Beranda
Menu
Profil

Bedah Jurusan Serba Logistik: Bisnis Logistik, Manajemen dan Administrasi Logistik, Hingga Teknik Logistik!

Dipublikasikan pada Senin, 1 Mei 2023

Oleh Anak Agung Salvira Gayatri

Pernah terpikir nggak, dari mana barang-barang di rumahmu berasal? Kamu mungkin memesannya secara online atau membelinya langsung dari toko. Barang-barang tersebut tentunya telah mengalami proses panjang agar bisa sampai di rumahmu.

Tahukah kamu, ada bidang ilmu yang secara khusus mempelajari cara menyimpan, mengelola, hingga memindahkan barang dari penyedia ke konsumen? Yap! Nama ilmu itu adalah logistik. Di tengah pesatnya perkembangan belanja online, tenaga ahli di bidang logistik jadi semakin dibutuhkan, lho!

Photo by Alexander Simonsen on Unsplash

Ada tiga jurusan berbau logistik di Indonesia, yaitu bisnis logistik, manajemen dan administrasi logistik, serta teknik logistik.

Bisnis Logistik

Salah satu kampus yang menyediakan jurusan ini adalah Universitas Padjadjaran.  Pendidikan yang diberikan pada jurusan Bisnis Logistik di Universitas Padjadjaran berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan bisnis logistik. Beberapa mata kuliah yang dipelajari, di antaranya ada Hukum Bisnis, Statistika Logistik, Manajemen Rantai Pasok, Business Startup Logistik, Asuransi Logistik, Akuntansi Biaya, dan masih banyak lagi.

Ada juga praktik membuat model bisnis secara langsung, lho! Berbekal pengetahuan dan pengalaman dari jurusan ini, lulusannya berpeluang bekerja sebagai logistic entrepreneur, supply chain manager, staf operasional logistik, staf administrasi logistik, dan staf ekspor/impor. Jurusan ini cocok untuk kamu yang suka terjun ke lapangan, teliti, kreatif, cepat tanggap, dan memiliki kemampuan problem solving yang baik.

 

Manajemen dan Administrasi Logistik

Beberapa kampus yang menyediakan jurusan Manajemen dan Adminstrasi Logistik, di antaranya adalah Universitas Diponegoro, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia, dan Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi (STMT) Trisakti.

Secara umum, hal yang dipelajari di jurusan ini mencakup perencanaan dan pengelolaan terhadap suatu barang, dimulai dari proses pengadaan bahan baku, pembelian bahan baku, produksi, penyimpanan, hingga distribusi ke konsumen. Beberapa mata kuliah yang dipelajari, di antaranya ada Teori Ekonomi Mikro, Teori Ekonomi Makro, Manajemen Pembelian, Manajemen Pergudangan, Manajemen Retail, Standar Prosedur Operasional Logistik, Sistem Informasi Logistik, dan masih banyak lagi.

Lulusan jurusan Manajemen dan Administrasi Logistik berpotensi tinggi untuk berkarier di bidang pergudangan, transportasi, hingga bidang ekspor dan impor sebagai ahli logistik, manajer logistik, dan analis logistik. Jurusan ini cocok untuk kamu yang observan, teliti, kritis, senang menganalisis, dan punya kemampuan problem solving yang oke.

 

Teknik Logistik

Beberapa kampus yang menyelenggarakan jurusan Teknik Logistik di Indonesia, di antaranya adalah Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Telkom, dan Universitas Malikussaleh.

Berbeda dengan Bisnis Logistik atau Manajemen dan Administrasi Logistik yang berfokus di segi bisnis dan manajemen, pelajaran di Teknik Logistik berpusat pada perancangan teknis dan metode dalam mengelola dan menyalurkan barang. Jurusan ini berkaitan erat dengan matematika dan fisika. Beberapa mata kuliah yang dipelajari, di antaranya ada Sistem Informasi Logistik, Inventory Control, Production Planning, Fisika Dasar, Kimia Dasar, dan masih banyak lagi.

Lulusan jurusan Teknik Logistik dapat bekerja sebagai ahli logistik yang melakukan koordinasi dan analisis terhadap fungsi-fungsi logistik perusahaan, atau sebagai manajer logistik yang menjadi ujung tombak dalam memecahkan permasalahan logistik perusahaan.  Jurusan ini cocok untuk kamu yang senang berhitung, senang melakukan riset dan analisis, teliti, observan, terstruktur, dan rasional.

 

Perbedaan dan Persamaan

Ketiga jurusan tersebut sama-sama berfokus di bidang logistik. Ketiganya mempelajari tentang proses aliran barang dan cara pengelolaannya. Namun, mahasiswa di jurusan Bisnis Logistik umumnya diarahkan untuk menjadi entrepreneur yang menciptakan dan mengembangkan bisnis sendiri. Sebaliknya, mahasiswa di jurusan Manajemen dan Administrasi Logistik cenderung diarahkan untuk fokus pada analisis dan manajemen masalah. Sementara itu, jurusan Teknik Logistik berorientasi pada metode-metode yang bersifat teknis.

 

Jadi bagaimana, Piljurians? Tertarik untuk berkuliah di jurusan berbau logistik? Walau ketiganya sama-sama menjanjikan, kamu harus tetap menyesuaikan pilihan dengan minat, bakat, dan kemampuanmu, ya! 

Bagikan Artikel Ini

Bedah Jurusan Ilmu Komunikasi, Informasi Lengkap Seputar Mata Kuliah, Prospek Kerja, dan Universitas
Sampul Bedah Jurusan Ilmu Komunikasi, Informasi Lengkap Seputar Mata Kuliah, Prospek Kerja, dan Universitas

Ilmu Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi mempelajari proses penyampaian pesan secara yang efektif. Jurusan ini memfokuskan pada kemampuan komunikasi verbal dan juga nonverbal, se

Simak Keseruan 11 Siswa/Siswi SMA Terpilih di Student Ambassador Pilih Jurusan Batch 1
Sampul Simak Keseruan 11 Siswa/Siswi SMA Terpilih di Student Ambassador Pilih Jurusan Batch 1

Jakarta, 6 Mei 2023 - 11 siswa/siswi terpilih Student Ambassador Pilih Jurusan Batch 1 resmi mengawali kegiatannya pada rangkaian pertama self development class atau yang dikenal

Bedah Jurusan Manajemen yang Paling Diminati, Belajar Apa dan Prospek Kerjanya Bagaimana?
Sampul Bedah Jurusan Manajemen yang Paling Diminati, Belajar Apa dan Prospek Kerjanya Bagaimana?

Tahukah kamu, ada hampir 1 juta mahasiswa di Indonesia yang berkuliah di jurusan Manajemen? Menurut data laporan statistik perguruan tinggi yang dirilis oleh Kementerian Pendidika

Bedah Jurusan Akuntansi, Informasi Lengkap Seputar Mata Kuliah, Prospek Kerja, dan Universitas
Sampul Bedah Jurusan Akuntansi, Informasi Lengkap Seputar Mata Kuliah, Prospek Kerja, dan Universitas

Saat mendengar kata ‘akuntansi’, apa yang ada di kepalamu? Kalau kamu belajar ekonomi sewaktu SMA, mungkin yang terbayang adalah tabel perhitungan debit dan kredit. Mer

Bedah Jurusan Serba Logistik: Bisnis Logistik, Manajemen dan Administrasi Logistik, Hingga Teknik Logistik!
Sampul Bedah Jurusan Serba Logistik: Bisnis Logistik, Manajemen dan Administrasi Logistik, Hingga Teknik Logistik!

Pernah terpikir nggak, dari mana barang-barang di rumahmu berasal? Kamu mungkin memesannya secara online atau membelinya langsung dari toko. Barang-barang tersebut tentunya telah m

11 Siswa/Siswi Terbaik di Jabodetabek Terpilih untuk Menjadi Student Ambassador Pilih Jurusan Batch 1
Sampul 11 Siswa/Siswi Terbaik di Jabodetabek Terpilih untuk Menjadi Student Ambassador Pilih Jurusan Batch 1

Jakarta, 30 April 2023 - 11 siswa/siswi terbaik dari berbagai SMA di Jabodetabek telah secara resmi terpilih dan telah mengikuti rangkaian acara Welcoming Party Student Ambassado

Bedah Jurusan Jurnalistik, Belajar Melawan Hoax dan Prospek Kerja Cerah
Sampul Bedah Jurusan Jurnalistik, Belajar Melawan Hoax dan Prospek Kerja Cerah

Di balik perkembangan media online yang sangat pesat, ada satu fakta menyedihkan: tidak semua penulis berita di media-media tersebut berasal dari jurusan jurnalistik atau yang terk

Pendidikan Sosiologi belajar apa ya? Kerjanya jadi Guru doang?
Sampul Pendidikan Sosiologi belajar apa ya? Kerjanya jadi Guru doang?

Pendidikan sosiologi adalah jurusan yang mempelajari masyarakat dan dinamika sosial di dalamnya. Pada tingkat sarjana (S1), mahasiswa pendidikan sosiologi akan mempelajari berbagai